daun

Translate

Selasa, 11 Februari 2014

makanan khas kebumen

 SRABI RANGIN



Srabi rangin adalah salah satu dari sebagian besar makanan khas dari Kebumen. Mungkin jika dilihat secara sekilas, srabi rangin ini tak jauh berbeda dengan srabi srabi yang lain yang ada di kebumen. Hanya saja bentuknya yang menyerupai kue pukis ini menjadi ciri khasnya. Pada umumnya srabi di Kebumen mempunyai bentuk bulat dan tebal di bagian tengahnya tapi srabi rangin ini berbentuk seperti kue pukis yakni berbentuk setengah lingkaran dan memanjang. Warnanya yang putih kecoklatan, dan rasanya yang gurih menjadi daya tarik tersendiri yang bisa di nikmati dari srabi rangin.
Asal mula saya tahu srabi rangin itu adalah dari ibu saya, karna ibu sering membuatnya. Di Kebumen srabi rangin mungkin belum terlalu populer, karena belum banyak orang yang mengetahui dan membuatnya. Tapi disisi lain rasa dari srabi rangin ini tidak kalah enak dari srabi srabi yang lain. Rasanya yang enak, gurih, dicampur manis menambah cita rasa makanan yang terbuat dari beras ini. Srabi rangin paling enak dinikmati saat masih hangat. Dan cocok banget disajikan bersama kopi atau teh.
Dengan adanya srabi rangin ini akan menambah daftar aneka makanan khas dari Kebumen. Yang enaknya sebanding dengan makanan makanan lainya di Indonesia. Selain itu jika kita mengembangkan atau menginovasinya menjadi makanan yang lebih menarik dan modern pasti kota kita ini akan lebih di kenal oleh masyarakat Indonesia. Bahkan sampai luar negeri. Karna dengan kreatifitas kita bisa mengubah semuanya, dari yang baik menjadi lebih baik dan yang belum terkenal menjadi terkenal. Dan kitapun sebagai orang Kebumen sudah seharusnya melestarikan dan mengenalkan kekayaan yang kita miliki, jangan sampai kita tahu dari orang lain. 



Bahan :
1 tepung terigu                                    5 air
2 tepung beras                                     6 margarin
3 garam
4 kelapa
Cara membuat          :
1 parut kelapa
2 masukan tepung beras, garam, terigu,dan parutan kelapa
3 semua bahan di uleni sampai tercampur rata
4 masukan air secukupnya
5 oleskan margarin pada cetakan
6 lalu panaskan cetakan
7 jika sudah panas kemudian masukan adonan sampai warnanya kecoklatan lalu angkat
8 srabi rangin siap dihidangkan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar